Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Bekam

(Bukhari - Volume 007, Buku 071, Nomor Hadits 582)
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda:

"Tidak ada penyakit Allah Subhanallah wa Ta'ala ciptakan, kecuali Dia juga membuat obatnya."


SEJARAH mengenai Bekam Basah dimulai ribuan tahun yang lalu, namun yang pertama tercatat ditemukan pada ajaran Nabi Muhammad (Andrew Rippin and Jan Knappert, Textual Sources for the Study of Islam, Manchester: Manchester University Press, 1986; Chicago: University of Chicago Press, 1990. 78).
Menurut Imam Bukhari, Muslim, dan Ahmad, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Sallam telah bersabda:

"Di dalam bekam (hijama) ada penyembuhan."

Beliau juga telah bersabda:

"Siapa yang melakukan bekam (hijama) pada hari 17, 19, dan 21 (penanggalan Islam) maka ada pengobatan bagi setiap penyakit."

Kita merasa heran mengetahui banyak sekali Muslim yang tidak mengetahui atau tidak memiliki kesadaran mengenai apa itu bekam dan manfaatnya terhadap kesehatan tubuh. Banyak pula bahkan yang memiliki ketakutan terhadapnya. Karena ketakutan ini atau ketidakpahaman ini, maka sudah waktunya bagi Anda untuk mengetahui secara benar mengenai bekam.

Jika Nabi Muhammad bersabda, "siapa yang melakukan bekam (hijama) pada hari ke 17, 19, dan 21 (penanggalan Islam) maka ada pengobatan bagi setiap penyakit." Maka hal ini adalah benar. Anda harus menyadarinya dan percaya agar Anda mendapatkan manfaat penuh dari pengobatan ini atau pengobatan Nabi lainnya.

(Bukhari - Volume 007, Buku 071, Hadits Nomor 587)

Diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah, " Saya mendengar Rasulullah bersabda, "Jika ada penyembuhan dalam obat-obatan Anda, maka itu ada dalam bekam, seteguk madu atau dibakar dengan api (kauterisasi) yang sesuai penyakitnya, tapi saya tidak suka (terbakar) dibakar dengan api."

BEKAM memiliki banyak sebutan, seperti: badkesh, bahnkes, bekam, buhang, bentusa, kuyukaku, gak hoi, hijama, dan banyak lagi nama-nama lainnya. Jika dilakukan secara benar, hasil akhirnya sama. Tidak peduli disebut apa. Penyakit pasien, Insya Allah menjadi berkurang atau sembuh sama sekali. Dengan menghilangkan darah kotor yang tidak beredar pada suatu tempat tertentu pada tubuh, maka hal tersebut akan meningkatkan peredaran darah pada tempat tersebut, bahkan pada seluruh tubuh.

BEKAM merupakan proses pembentukan wilayah dengan tekanan udara rendah pada tubuh Anda, tepatnya pada kulit Anda, dengan menggunakan suatu efek vakum. Ada berbagai macam alat yang biasa digunakan, berbagai metode dalam menciptakan tekanan udara yang rendah, dan juga ada berbegai prosedur yang berbeda yang biasa dilakukan.

Alat kup yang digunakan dapat memiliku berbagai bentuk, seperti bola atau lonceng, dan dengan ukuran mulut yang berbeda-beda berdiameter 25mm - 75mm. Bahan yang umum digunakan saat ini adalah plastik atau kaca, menggantikan kup tanduk, tembikar, perunggu, dan bambu yang biasa digunakan di zaman dahulu. Tekanan udara yang rendah yang dibentuk didalamnya dapat tercipta melalui pemanasan alat kup atau pemanasan udara di dalamya dengan api atau merendamnya dalam minyak panas, kemudian diletakkan di atas permukaan kulit. Pada saat udara didalam kup menjadi dingin, dia akan menarik kulit ke dalam. Metode yang digunakan baru-baru ini adalah vakum yang dapat diciptakan dengan menggunakan pompa penyedot mekanis dengan alat pompa berada pada bagian atas kup. Kup karet juga biasa digunakan untuk memompa udara keluar dan menciptakan permukaan kulit yang rata dan menggelembung.

Sebagian besar, kup biasanya diletakkan pada jaringan yang lunak sehingga dapat merekat erat. Kup-kup tersebut dapat digunakan satuan atau bersama-sama untuk melingkupi area yang luas. Sebelumnya kulit biasanya akan diolesi dengan minyak khusus agar kup dapat bergerak di atas kulit secara perlahan dan menciptakan segel kedap udara yang lebih kuat. Penusukan pada kulit (menciptakan lubang-lubang kecil) sebelum dipasang kup adalah praktik yang sangat umum dilakukan di negara-negara berpenduduk muslm berjumlah besar, seperti di Indonesia. Penusukan/penyayatan ini akan mengeluarkan darah kotor dari tubuh Anda. Dalam banyak kasus, kesembuhan dari suatu penyakit hampir langsung terjadi. Hal yang baik mengenai penusukan pada kulit adalah ia sama sekali tidak menyakitkan. Ini adalah hal penting untuk direnungkan bagi Anda yang takut pada prosedur ini.

Bekas pada kulit yang berwarna merah atau hampir hitam biasanya akan ada setelah kup dilepas. Biasanya, makin lama kup terpasang pada kulit makin gelap warna lingkaran pada kulit. Pada umumya perawatan ini tidak menyakitkan, tetapi jika pasien merasakan sakit maka kup dapat dilepas dan mungkin dapat pasang kembali jika posisi awal tidak benar sehingga menyebabkan rasa sakit.

Catatan: Sangat penting bagi Anda, sebagai pasien, untuk meminta pertolongan bekam pada seseorang yang telah berpengalaman, dia tahu betul apa yang dia lakukan dan menggunakan alat-alat yang bersih dan steril. Lebih lanjut, Anda, sebagai Muslim, hendaknya lebih baik meminta pertolongan pada seseorang yang mengikuti arahan dan kebiasaan Rasulullah. Jika tidak, Anda akan kehilangan keuntungan spiritual yang semestinya Anda dapatkan dari rasa berserah diri pada Allah Subhanallahu wa Ta'ala dan dengan mengikuti sunnah Rasulullah Shallalhu 'alaihi wa sallam.

Nabi Muhammad mengajarkan pada kita bahwa bekam adalah suatu pengobatan dan juga suatu berkah. Umat Islam terdahulu menggunakan bekam basah untuk menyembuhkan berbagai rasa sakit, mulai dari sakit kepala, masalah perut, keracunan, sihir, memar-memar, luka kulit, sakit otot, flu tulang belakang, dan penyakit-penyakit lainnya. Jangan lupa hadits yang telah kita ketahui sebelumnya,

"Siapa yang melakukan bekam (hijama) pada hari 17, 19, dan 21 (penanggalan Islam) maka ada pengobatan bagi setiap penyakit."

Ini berarti bahwa Insya Allah bekam dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Muslim menganggap hijamah sebagai pengobatan yang efektif dan penting untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, segala puji bagi Allah Subhanallahu wa Ta'ala yang telah mengizinkan suatu pengobatan dapat berhasil atau gagal.

"Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki diantara hamba-hamba-Nya. Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang." (TQS. Yunus: 107).

Manfaat Bekam

Bekam mempunyai kemampuan yang nyata dalam menyembuhkan banyak penyakit. Penyakit-penyakit yang telah diobati dengan bekam yang telah terbukti mampu, dengan izin Allah, menyembuhkan penyakit-penyakit diantaranya, tetapi tidak terbatas pada penyakit-penyakit di bawah ini:

- Alergi
- Asma
- Sakit Punggung
- Kolesterol terlalu tinggi
- Penyakit peredaran darah
- Sakit Dada
- Batuk
- Sakit Perut
- Diabetes
- Diare
- Depresi
- Penyakit di dada dan tenggorokan
- Permasalah Ereksi
- Masalah Mata
- Demam
- Rasa sakit di kepala dan mata
- Penyakit Hati
- Infeksi otot hati
- Tekanan darah tinggi
- Memperbaiki sirkulasi darah
- Masalah persendian
- Ginjal
- Penyakit lever
- Tekanan darah rendah
- Sakit Paru
- Sakit di leher dan perut
- Rematik pada otot
- Sihir
- Sinuitis
- Stres
- Stroke
- Sakit gigi
- Amandel
- Verigo

Daftar penyakit yang dapat disembuhkan atas izin Allah melalui bekam sangat panjang, namun daftar di atas dapat memberikan gambaran bagi pengguna bekam mengenai betapa bermanfaatnya bekam bagi meningkatkan kondisi kesehatan Anda. Lebih lanjut, Nabi Muhammad telah menyarankan agar kita melakukan bekam sebulan sekali untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan umum kita. Betapa beliau adalah contoh pribadi yang sempurna bagi kehidupan kita. SUBHANALLAH.


Jerry D. Gray

Artikel Terkait

Penulis Mencoba Bekam
0 Komentar untuk "Bekam"

Back To Top