Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

SETAN DUA MACAM

Dalam keterangan keterang diatas sering kita menyebut setan dan iblis. Ada perbedaan diantara kedua nama itu, maka yg dimaksudkan dengan kata kata itu, ialah semacam mahluk halus yg tak tampak (ghoib). Tetapi bila disebut setan, maka maksudnya ada dua macam. Terkadang dimaksudkan iblis, ialah mahluk ghaib, yg telah menyesatkan Adam dan Hawa dari Syurga, yg jasadnya dibikin oleh Allah dari api. Tetapi kadang kadang dimaksudkan juga dengan kata kata setan itu, mahluk mahluk yg kasar, yaitu manusia manusia yg jahat yg pekerjaannya sama dengan pekerjaan setan atau iblis. 

Terhadap iblis atau setan yg bertubuh halus yg tak dapat dilihat oleh mata manusia, maka tidak ada yg dapat mempertahankan kita manusia dari padanya selain Allah. Untuk mendapatkan perlindungan dari Allah, untuk mengatasi gangguan setan dan iblis yg bertubuh halus inilah diajarkan oleh Allah kepada kita suatu do'a: 

A'udzu billahi minasy-syaithanir-rajiim.
 
Dan lain lain doa yg akan kita bentangkan dibawah ini nanti.
 
Tetapi untuk menghadapi setan yg bertubuh kasar, yaitu musuh musuh yg merupakan manusia jahat, selain dengan doa tersebut, kepada kita diperintahkan oleh 4JJI dengan perantaraan ayat 96 sampai ayat 98 dari surat al-Mu'minun dan ayat 34 sampai ayat 36 dari surat Fusshilat yg tersebut di atas atau dihalaman sebelum ini, agar kita menolak kejahatan mereka dengan cara yg baik atau yg terbaik. Jangan sekali kali bertindak ceroboh atau serampangan atau kasar sebagaimana tindakan mereka kepada kita. Sebab dengan tindakan yg terbaik atau lebih baik itu, akhirnya musuh musuh kita yg bernama setan dan iblis itu dapat kita jadikan teman yg setia.
 
Jadi untuk mengalahkan musuh musuh yg bernama manusia jahat, tidaklah dapat selalu dengan kekerasan, malah kadang dengan sikap yang baik dan correck, manusia manusia itu lebih gampang dapat dikalahkan daripada dengan kekuatan senjata.
 
Tetapi sayang, tindakan baik atau lebih baik ini terhadap musuh ini tidak dpat dilakukan, selain oleh orang orang yg sabar dan orang orang yg amat bijaksana bahagia (Fushilat : 35)
Tindakan baik atau lebih baik ini telah dapat dibuktikan kebaikannya dan kemujarabannya oleh Rasulullah dan para sahabat beliau dalam menghadapi musuh musuh mereka sehingga membuahkan kemenangan yg gilang gemilang. Bacalah sejarah perjuangan Rasulullah s.a.w. dan sahabat sahabat beliau.
 
Kalo kita dapat meniru dan meneladaninya dalam tindakan kita menghadapi musuh musuh dari dalam dan luar, kita juga akan merasakan kebaikan tindakan seperti itu. Tetapi sayang, karena kurang sabar dan jauh dari sifat bijaksana, kita terlalu sombong dan ceroboh sehingga menghadapi berbagai musuh kita harus mengorbankan beribu ribu jiwa dan harta benda. 

http://tafakur.xtgem.com/tafsir15
0 Komentar untuk "SETAN DUA MACAM"

Back To Top