Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Biografi Imam Tirmidzi

Pertumbuhan  beliau

Nama: Muhammad bin 'Isa  bin Saurah bin Musa bin adl Dlahhak 

Kunyah  beliau: Abu 'Isa 


Nasab beliau

  1.  As Sulami; yaitu nisbah kepada satu kabilah yang yang di jadikan sebagai afiliasi  beliau, dan nisbah ini merupakan nisbah kearaban 
  1.  At Tirmidzi; nisbah kepada negri tempat  beliau di lahirkan (Tirmidz), yaitu satu kota yang terletak di arah selatan  dari sungai Jaihun, bagian selatan Iran. 

Tanggal lahir: para pakar sejarah tidak menyebutkan tahun  kelahiran beliau secara pasti, akan tetapi sebagian yang lain memperkirakan  bahwa kelahiran beliau pada tahun 209 hijriah. Sedang Adz Dzahabi berpendapat  dalam kisaran tahun 210 hijriah.

Ada satu berita yang mengatakan bahwa imam At  Tirmidzi di lahirkan dalam keadaan buta, padahal berita yang akurat adalah,  bahwa beliau mengalami kebutaan di masa tua, setelah mengadakan lawatan ilmiah  dan penulisan beliau terhadap ilmu yang beliau miliki.

Beliau tumbuh di daerah Tirmidz, mendengar  ilmu di daerah ini sebelum memulai rihlah ilmiah beliau. Dan beliau pernah  menceritakan bahwa kakeknya adalah orang marwa, kemudian berpindah dari Marwa  menuju ke tirmidz, dengan ini menunjukkan bahwa beliau lahir di Tirmidzi.


Aktifitas  beliau dalam menimba ilmu

Berbagai  literatur-literatur yang ada tidak menyebutkan dengan pasti kapan imam Tirmidzi  memulai mencari ilmu, akan tetapi yang tersirat ketika kita memperhatikan  biografi beliau, bahwa beliau memulai aktifitas mencari ilmunya setelah  menginjak usia dua puluh tahun. Maka dengan demikian, beliau kehilangan  kesempatan untuk mendengar hadits dari sejumlah tokoh-tokoh ulama hadits yang  kenamaan, meski tahun periode beliau memungkinkan untuk mendengar hadits dari  mereka, tetapi beliau mendengar hadits mereka melalui perantara orang lain.  Yang nampak adalah bahwa beliau memulai rihlah pada tahun 234 hijriah.

Beliau  memiliki kelebihan; hafalan yang begitu kuat dan otak encer yang cepat  menangkap pelajaran. Sebagai permisalan yang dapat menggambarkan kecerdasan dan  kekuatan hafalan beliau adalah, satu kisah perjalan beliau meuju Makkah, yaitu;

Pada saat aku dalam perjalanan menuju  Makkah, ketika itu aku telah menulis dua jilid berisi hadits-hadits yang  berasal dari seorang syaikh. Kebetulan Syaikh tersebut berpapasan dengan kami.  Maka aku bertanya kepadanya, dan saat itu aku mengira bahwa "dua jilid  kitab" yang aku tulis itu bersamaku. Tetapi yang kubawa bukanlah dua jilid  tersebut, melainkan dua jilid lain yang masih putih bersih belum ada  tulisannya. aku memohon kepadanya untuk menperdengarkan hadits kepadaku, dan ia  mengabulkan permohonanku itu. Kemudian ia membacakan hadits dari lafazhnya  kepadaku. Di sela-sela pembacaan itu ia melihat kepadaku dan melihat bahwa  kertas yang kupegang putih bersih. Maka dia menegurku: 'Tidakkah engkau malu  kepadaku?' maka aku pun memberitahuka kepadanya perkaraku, dan aku berkata;  â€œaku telah mengahafal semuanya." Maka syaikh tersebut berkata; 'bacalah!'. Maka  aku pun membacakan kepadanya seluruhnya, tetapi dia tidak mempercayaiku, maka  dia bertanya: 'Apakah telah engkau hafalkan sebelum datang kepadaku?' 'Tidak,'  jawabku. Kemudian aku meminta lagi agar dia meriwayatkan hadits yang lain. Ia  pun kemudian membacakan empat puluh buah hadits, lalu berkata: 'Coba ulangi apa  yang kubacakan tadi,' Lalu aku membacakannya dari pertama sampai selesai tanpa  salah satu huruf pun." 


Rihlah beliau

Imam At Tirmidzi keluar dari negrinya menuju  ke Khurasan, Iraq dan Haramain dalam rangka menuntut ilmu. Di sana beliau  mendengar ilmu dari kalangan ulama yang beliau temui, sehingga dapat  mengumpulkan hadits dan memahaminya. Akan tetapi sangat di sayangkan beliau  tidak masuk ke daerah Syam dan Mesir, sehingga hadits-hadits yang beliau  riwayatkan dari ulama kalangan Syam dan Mesir harus melalui perantara, kalau  sekiranya beliau mengadakan perjalanan ke Syam dan Mesir, niscaya beliau akan  mendengar langsung dari ulama-ulama tersebut, seperti Hisyam bin 'Ammar dan  semisalnya.

Para pakar sejarah berbeda pendapat tentang  masuknya imam At Tirmidzi ke daerah Baghdad, sehingga mereka berkata; â€œkalau  sekiranya dia masuk ke Baghdad, niscaya dia akan mendengar dari Ahmad bin  Hanbal. Al Khathib tidak menyebutkan at Timidzi (masuk ke Baghdad) di dalam  tarikhnya, sedangkan Ibnu Nuqthah dan yang lainnya menyebutkan bahwa beliau  masuk ke Baghdad. Ibnu Nuqthah menyebutkan bahwasanya beliau pernah mendengar  di Baghdad dari beberapa ulama, diantaranya adalah; Al Hasan bin AshShabbah,  Ahmad bin Mani' dan Muhammad bin Ishaq Ash shaghani.

Dengan ini bisa di prediksi bahwa beliau  masuk ke Baghdad setelah meninggalnya Imam Ahmad bin Hanbal, dan ulama-ulama  yang di sebutkan oleh Ibnu Nuqthah meninggal setelah imam Ahmad. Sedangkan  pendapat Al Khathib yang tidak menyebutkannya, itu tidak berarti bahwa beliau  tidak pernah memasuki kota Baghdad sama sekali, sebab banyak sekali dari  kalangan ulama yang tidak di sebutkan Al Khathib di dalam tarikhnya, padahal  mereka memasuki Baghdad.

Setelah pengembaraannya, imam At Tirmidzi  kembali ke negrinya, kemudian beliau masuk Bukhara dan Naisapur, dan beliau  tinggal di Bukhara beberapa saat.

  Negri-negri yang pernah beliau masuki adalah;
  
  1.  Khurasan 
  1.  Bashrah  
  1.  Kufah  
  1.  Wasith  
  1.  Baghdad
  1. Makkah  
  1.  Madinah  
  1.  Ar Ray


Guru-guru  beliau

Imam at Tirmidzi menuntut ilmu dan  meriwayatkan hadits dari ulama-ulama kenamaan. Di antara mereka adalah
  
  1.  Qutaibah  bin Sa'id 
  1.  Ishaq  bin Rahuyah
  1.  Muhammad  bin 'Amru As Sawwaq al Balkhi  
  1.  Mahmud  bin Ghailan  
  1.  Isma'il  bin Musa al Fazari  
  1.  Ahmad  bin Mani'  
  1.  Abu  Mush'ab Az Zuhri  
  1.  Basyr  bin Mu'adz al Aqadi  
  1.  Al  Hasan bin Ahmad bin Abi Syu'aib  
  1.  Abi  'Ammar Al Husain bin Harits 
  1.  Abdullah  bin Mu'awiyyah al Jumahi 
  1.  'Abdul  Jabbar bin al 'Ala`  
  1.  Abu  Kuraib  
  1.  'Ali  bin Hujr  
  1.  'Ali  bin sa'id bin Masruq al Kindi  
  1.  'Amru  bin 'Ali al Fallas  
  1.  'Imran  bin Musa al Qazzaz
  1.  Muhammad  bin aban al Mustamli  
  1.  Muhammad  bin Humaid Ar Razi  
  1.  Muhammad  bin 'Abdul A'la  
  1.  Muhammad  bin Rafi' 
  1.  Imam Bukhari   
  1.  Imam Muslim   
  1.  Abu Dawud   
  1.  Muhammad bin Yahya al 'Adani 
  1.  Hannad bin as Sari 
  1.  Yahya  bin Aktsum  
  1.  Yahya  bun Hubaib
  1.  Muhammad  bin 'Abdul Malik bin Abi Asy Syawarib  
  1.  Suwaid  bin Nashr al Marwazi 
  1.  Ishaq  bin Musa Al Khathami
  1.  Harun  al Hammal.

Dan  yang lainnya


Murid-murid beliau

 Kumpulan hadits dan ilmu-ilmu yang di miliki  imam Tirmidzi banyak yang meriwayatkan, diantaranya adalah;
  
  1.  Abu Bakr Ahmad bin Isma'il As Samarqandi
  1.  Abu Hamid Abdullah bin Daud Al Marwazi  
  1.  Ahmad bin 'Ali bin Hasnuyah al Muqri`  
  1.  Ahmad bin Yusuf An Nasafi
  1.  Ahmad bin Hamduyah an Nasafi
  1.  Al Husain bin Yusuf Al Farabri 
  1.  Hammad bin Syair Al Warraq
  1.  Daud bin Nashr bin Suhail Al Bazdawi  
  1.  Ar Rabi' bin Hayyan Al Bahili  
  1.  Abdullah bin Nashr saudara Al Bazdawi  
  1.  'Abd bin Muhammad bin Mahmud An Safi  
  1.  'Ali bin 'Umar bin Kultsum as Samarqandi  
  1.  Al Fadhl bin 'Ammar Ash Sharram  
  1.  Abu al 'Abbas Muhammad bin Ahmad bin Mahbub 
  1.  Abu Ja'far Muhammad bin Ahmad An Nasafi
  1.  Abu Ja'far Muhammad bin sufyan bin An Nadlr  An Nasafi al Amin 
  1.  Muhammad bin Muhammad bin Yahya Al Harawi al  Qirab
  1.  Muhammad bin Mahmud bin 'Ambar An Nasafi
  1.  Muhammad bin Makki bin Nuh An Nasafai 
  1.  Musbih bin Abi Musa Al Kajiri  
  1.  Makhul bin al Fadhl An Nasafi
  1.  Makki bin Nuh
  1.  Nashr bin Muhammad bi  Sabrah
  1.  Al Haitsam bin Kulaib

Dan yang lainnya.



Persaksian  para ulama terhadap beliau

Persaksian para ulama terhadap keilmuan dan  kecerdasan imam Tirmidzi sangatlah banyak, diantaranya adalah;
  
  1. Imam Bukhari berkata kepada imam At Tirmidzi;  ilmu yang aku ambil manfaatnya darimu itu lebih banyak ketimbang ilmu yang  engkau ambil manfaatnya dariku."
  1. Al Hafiz 'Umar bin 'Alak menuturkan; â€œBukhari  meninggal, dan dia tidak meninggalkan di Khurasan orang yang seperti Abu 'Isa  dalam hal ilmu, hafalan, wara' dan zuhud. 
  1.  Ibnu Hibban menuturkan; â€œAbu 'Isa adalah  sosok ulama yang mengumpulkan hadits, membukukan, menghafal dan mengadakan  diskusi dalam hal hadits.  
  1. Abu Ya'la al Khalili menuturkan; â€œMuhammad bin 'Isa at Tirmidzi adalah seorang yang tsiqah  menurut kesepatan para ulama, terkenal dengan amanah dandan keilmuannya. 
  1. Abu Sa'd al Idrisi  menuturkan; â€œImam Tirmidzi adalah salah seorang imam yang di ikuti dalam hal  ilmu hadits, beliau telah menyusun kitab al jami', tarikh dan 'ilal dengan cara  yang menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang alim yang kapabel. Beliau adalah  seorang ulama yang menjadi contoh dalam hal hafalan."   
  1.  Al Mubarak bin al  Atsram menuturkan; â€œImam Tirmidzi merupakan salah seorang imam hafizh dan  tokoh."  
  1. Al Hafizh al Mizzi  menuturkan; â€œImam Tirmidzi adalah salah seorang imam yang menonjol, dan  termasuk orang yang Allah jadikan kaum muslimin mengambil manfaat darinya.   
  1. Adz Dzahabi  menuturkan; â€œImam Tirmidzi adalah seorang hafizh, alim, imam yang kapabel 
  1. Ibnu Katsir  menuturkan: â€œImam Tirmidzi adalah salah seorang imam dalam bidangnya pada zaman  beliau." 


Keteledoran Ibnu Hazm;

Dalam  hal ini Ibnu Hazm melakukan kesalahan yang sangat fatal, sebab dia mengira  bahwa At Tirmidzi adalah seorang yang tidak dikenal, maka serta merta para  ulama membantah setatemennya ini, mereka berkata; â€œIbnu Hazm telah menghukumi  dirinya sendiri dengan keminimannya dalam hal penelaahan, sebenarnya  kapabalitas Imam Tirmidzi tidak terpengaruh sekali dengan statemen Ibnu Hazm  tersebut, bahkan kapabilitas Ibnu Hazm sendiri yang menjadi tercoreng karena  dia tidak mengenali seorang imam yang telah tersebar kemampuannya. Dan ini  bukan pertama kali kesalahan yang dia lakukan, sebab banyak dari kalangan ulama  hafizh lagi tsiqah yang terkenal yang tidak dia ketahui."

Semua  ini kami paparkan dengan tidak sedikitpun mengurangi rasa hormat dan pengakuan  kami terhadap keutamaan dan keilmuannya, akan tetapi agar tidak terpedaya  dengan statemen-statemen yang nyeleneh darinya.


Hasil  karya beliau

Imam Tirmizi menitipkan ilmunya di  dalam hasil karya beliau, diantara buku-buku beliau ada yang sampai kepada kita  dan ada juga yang tidak sampai. Di antara hasil karya beliau yang sampai kepada  kita adalah: 
  
  1.  Kitab Al Jami', terkenal  dengan sebutan Sunan at Tirmidzi. 
  1.  Kitab Al 'Ilal  
  1.  Kitab Asy  Syama'il an Nabawiyyah.  
  1.  Kitab Tasmiyyatu ashhabi rasulillah  shallallahu 'alaihi wa sallam.

Adapun karangan beliau yang tidak  sampai kepada kita adalah;

  1.  Kitab At-Tarikh.
  1.  Kitab Az Zuhd.  
  1.  Kitab Al  Asma` wa al kuna.


Wafatnya  beliau:

Di akhir kehidupannya, imam at Tirmidzi  mengalami kebutaan, beberapa tahun beliau hidup sebagai tuna netra, setelah itu  imam atTirmidzi meninggal dunia. Beliau wafat di Tirmidz pada malam Senin 13  Rajab tahun 279 H bertepatan dengan 8 Oktober 892, dalam usia beliau  pada saat itu 70 tahun.

0 Komentar untuk "Biografi Imam Tirmidzi"

Back To Top