Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Silsilah Yesus

by Hanina Syahiedah on Saturday, June 11, 2011 at 2:17pm

Kristen mengklaim Yesus adalah keturunan Yehuda?
1. Yesus adalah suku Yehuda. Dikenal Israel juga dari suku Yehuda.


Ibrani 7:14 Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apapun tentang imam-imam.

2. Maria, bukan dari suku Lewi. Satu-satunya yang mengatakan Maria adalah suku Lewi adalah orang ISLAM. Dan dengan ini anda sudah membawa referensi dan knowledge orang ISLAM. Kenapa? Karena awalnya Muhammad salah mengutip dan terbolak balik antara Maria ibu Yesus, dengan Maryam saudara Harun yang merupakan keturunan orang Lewi. Meskipun silsilah tercatat, tetapi tidak bisa diketahui 100% kebenarannya, dan ada banyak catatan, tetapi tidak pernah sekalipun ada catatan yang mencatat Maria adalah dari suku Lewi, kecuali dari ajaran Islam yang malu dengan kesalahan Muhammad.


3. Yesus juga dikenal dengan istilah anak Daud. Dan itu juga sudah dimengerti bahkan oleh orang Farisi dan ahli Taurat bahwa Mesias yang dijanjikan adalah anak Daud. Dan Daud adalah keturunan Yahudi. Yesus tidak pernah menyangkal bahwa diriNya adalah anak Daud.

Silsilah Yesus:




Jawaban:

Alkitab tidak pernah mengatakan bahwa Maria adalah keturunan Yehuda. Hanya karena Matius dan Lukas menulis silsilah yang berbeda, maka kemudian disimpulkan bahwa silsilah ala Lukas adalah silsilah Maria. Padahal sangat mungkin salah satu atau bahkan keduanya adalah silsilah Yusuf yang tidak valid.

Banyak yang salah memahami, silsilah Yesus (Nabi Isa) di dalam Bible
Silsilah yang terdapat di dalam Matius 1:1-16 dan Lukas 3:23-38, lebih tepat disebut silsilahnya Yusuf bin Yakub (Matius 1:16) atau Yusuf bin Eli (Lukas 3:23)
Dan Yusuf sendiri, bukanlah bapak biologis dari Yesus (Nabi Isa), ia hanyalah bapak menurut anggapan orang (Lukas 3:23).
Lalu… bagaimanakah nasab Yesus (Nabi Isa) yang sesungguhnya?


DALAM ALKITAB SAYA TEMUKAN SILSILAH YUSUF SUAMI MARIA:

Lukas 2 : 4 “Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, karena ia berasal dari keluarga dalam keturunan Daud.”

Matius 1 : 18 “Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami istri.”

Lukas 3 : 23 “Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,”
ayat selanjutnya: anak Matat, anak Lewi, anak Malkhi, …. dan seterusnya hingga ada nama “…. anak Natan, anak Daud” (pada Lukas 3 : 31) …. dan seterusnya hingga ada nama “…. anak Peres, anak Yehuda (pada Lukas 3 : 33), anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham (pada Lukas 3 : 34).

Matius 1 : 1-3 “Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub. Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya. Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, ….”
Dan seterusnya sehingga ada tulisan “…, Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari istri Uria” (Matius 1 : 6) … dan seterusnya hingga ada tulisan “Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.” (Matius 1 : 15-16).


Dalam Alkitab juga saya temukan:
Lukas 1 : 5 “Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zacharia dari rombongan Abia. Istrinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet.”

Lukas 1 : 36 “Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.”
Kemudian Maria pergi mengunjungi Zacharia dan Elisabet (Lukas 1 : 39-40). Hal ini menunjukkan mereka adalah keluarga dekat, umumnya kekerabatan ini terjadi pada generasi nenek ke generasi cucu (3 generasi). Bisa jadi nasab mereka bertemu di kakek Maria.

Jelaslah bahwa Nabi Isa Al-Masih bukanlah keturunan Nabi Daud, meskipun Matius dan Lukas jungkir-balik berusaha menjelaskan hal itu dengan silsilah yang berbeda-beda. Dengan kata lain, Isa Al-Masih bukanlah Bani Israil suku Yehuda (Judah). Beliau adalah Bani Israil suku Lewi, sesuai dengan garis keturunan Siti Maryam r.a. yang serumpun dengan Nabi Musa dan Nabi Harun. Imam-imam Bani Israil umumnya memang dari suku Lewi.

Menurut Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat 33-35, Nabi Isa Al-Masih dan ibu beliau Siti Maryam adalah keturunan Imran, yang jelas merupakan keluarga Lewi, bukan keluarga Yehuda. Hal ini tercantum dalam We’elleh Shemoth (Exodus; Keluaran) 2:1. Juga dalam Surat Maryam ayat 28, Maryam dikatakan perempuan keluarga Harun (ukhta Harun).

Sebetulnya Lukas pun diam-diam mengakui bahwa Siti Maryam dan putranya Isa Al-Masih adalah suku Lewi. Dalam Lukas 1:5 tertulis bahwa Elisabeth istri Nabi Zakaria (ibunda Nabi Yahya) adalah keturunan Nabi Harun (filiabus Aaron), sedangkan dalam Lukas 1:36 dijelaskan bahwa Elisabeth dan Maryam adalah sekeluarga (cognatus).

Juga estimasi Lukas (3:23) bahwa usia Jesus “kira-kira 30 tahun” (quasi annorum triginta)
ketika memulai tugas kerasulan merupakan indikasi bahwa Nabi Isa
Al-Masih memang suku Lewi, sebab menurut Bemidbar (Numbers; Bilangan) 4:47 para imam dari suku Lewi baru wajib melakukan tugas imamatnya setelah berusia 30 tahun.



Bersumber dari beberapa situs genealogy, di dapat SILSILAH YESUS (NABI ISA) sebagai berikut:

Yesus (Nabi Isa) bin Maryam binti Imran adalah keturunan John Hyrcanus I
bin Simon Maccabaeus
bin Mattathias bin (son of John)
bin John bin Simeon bin Hasmonaeus
bin (son of Onias II)
bin Onias II bin Simon ‘the Just’
bin Onias I bin Juddual
bin Johanan bin Joiadah bin Eliashib
bin Joachim bin Joshuah
bin Josedech
bin Seraiah
bin Azariah
bin Hilkial
bin Azariah
bin Zadok (II)
bin Meraioth
bin Ahitub (II)
bin Amariah
bin Azariah
 bin Johanon
bin Azariah bin Ahimaaz
bin Zadok bin Ahitub
bin Amariah bin Meraioth
bin Zerahiah bin Uzzi
 bin Bukki bin Abishuah
bin Phineas bin Eleazar
bin Nabi Harun bin Imran bin Quhas bin Lewi bin Nabi Yakub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim.

Lalu apa firman Allah SWT di dalam Alqur’an?
“Maka Maryam membawa anak itu kepada kaumnya dengan menggendongnya. Kaumnya berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya kamu telah melakukan sesuatu yang amat mungkar. Yaa ukhta Haaruun (wahai saudari dari kabilah Harun), ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina” (QS Maryam : 27-28).

Kata-kata “yaa ukhta Haaruun …” bisa jadi adalah merupakan salah satu di antara berikut ini:
1.Ungkapan kekecewaan orang-orang dari keturunan Harun yang saat itu banyak menjadi imam-imam di rumah ibadah, bahwa ada dari kerabat mereka membawa aib dengan hamil di luar nikah.
2.Ucapan ejekan orang-orang umum kepada keturunan Harun.


Alkitab mengatakan bahwa Elisabet yang keturunan Lewi adalah saudara Maria. Jadi, pandangan bahwa Maria masih termasuk Bani Lewi bukan tanpa alasan.


 Di kalangan Kristen sendiri terjadi silang pendapat. Ada yang tetap berpendapat silsilah ala Lukas bukanlah silsilah Maria, tetapi tetap silsilah Yusuf. Mereka sudah cukup puas jika Yesus lahir dan dibesarkan dlm lingkungan keluarga Daud. Sekarang biar saya tidak dibilang asal klaim, ngarang atau taqiya, mari kita lihat pendapat pakar alkitab Kristen sendiri dalam buku-buku mereka.


http://books.google.co.id/books?id=jIXv ... &q&f=false






Kristus di bumi: penuturan kehidupan-Nya oleh murid-murid dan oleh penulis-penulis sezaman...halaman 154





Pada halaman 157.. digambarkan tentang silsilah Yusuf menurut Matius dan Lukas sekaligus...silsilah ini menunjukkan bahwa silsilah Matius adalah silsilah ayah Yusuf dan silsilah Lukas adalah silsilah ibu Yusuf. Jadi silsilah menurut Lukas bukanlah silsilah Maria.





Ada orang Kristen membenarkan bahwa Maria mempunyai hubungan keluarga dengan keturunan Lewi, sesuai Injil Lukas 1:5, 36 Silahkan lihat buku yang sama: Kristus di bumi: penuturan kehidupan-Nya oleh murid-murid dan oleh penulis-penulis sezaman...halaman 155




Maria dikatakan keturunan Daud cuma karena  bertunangan dengan Yusuf, hah... sejak kapan hubungan pertunangan bisa mengubah nasab? yang benar saja???

Jadi...Maryam memang bisa dikatakan saudara perempuan (kaumnya) Harun, karena masih satu moyang yaitu Lewi.

Yesus bukanlah keturunan Yehuda..tetapi keturunan Lewi...masuk akalkah jika disebut SINGA YEHUDA?

Satu lagi buku yg membahas REKAYASA Yesus adalah keturunan Daud.
Buku ini adalah tanggapan terhadap rekayasa James Tabor dlm menafsirkan Maria adalah keturunan daud.

http://books.google.co.id/books?id=WJFX ... &q&f=false






Tulisan diatas jelas-jelas menolak rekayasa bhw Maria adalah keturunan Daud. So....Yesus bukanlah keturunan Daud.


Kesimpulan:
1.Yusuf si tukang kayu (suami Maria, dan yang dianggap orang sebagai ayah Yesus) adalah keturunan Daud dari suku Yehuda (keturunan Yehuda bin Yakub bin Ishak bin Abraham).

2.Ayah Yusuf menurut Injil Lukas (yaitu Eli bin Matat bin Lewi bin Malkhi, dst.) berbeda dengan Injil Matius (yaitu Yakub bin Matan bin Eleazar bin Eliud bin Akhim, dst.). Kakek buyut jauh-nya pun menurut Injil Lukas (yaitu Natan bin Daud) berbeda dengan Injil Matius (yaitu Salomo bin Daud). Tidak mungkin benar semuanya …, kecuali jika Maria mempunyai 2 suami yang keduanya bernama Yusuf.

3.Yesus dikandung Maria saat Maria masih bertunangan (belum menikah) dengan Yusuf.

4. Mengatakan Yesus anak Daud sama dengan mengatakan Maria telah berzina dengan Yusuf sebelum menikah. Hal ini juga menggugurkan paham kelahiran Yesus dari perawan suci.

5.Mengatakan Yesus anak Daud adalah ketidak-konsistenan Alkitab. Ingat Ismail, anak kandung yang pertama bagi Abraham (Kejadian 16 : 16), empat belas tahun kemudian lahirlah anak kandung yang lain bagi Abraham yaitu Ishak (Kejadian 21 : 5), namun kemudian disebutkan bahwa Ishak adalah anak tunggal (Kejadian 22 : 2). Anak kandung dari istri kedua tidak diakui sebagai anak; tapi dalam kasus Yesus ini, bukan anak kandung malah diakui sebagai keturunan.

6. Baik Zacharia, Elisabet, maupun Maria adalah dari kabilah Harun (saudara Musa dan Miryam) bin Amraam (Imran) dari suku Lewi (keturunan Lewi bin Yakub bin Ishak bin Abraham). Maka lebih layak mengatakan Yesus anak Harun dari suku Lewi daripada mengatakan Yesus anak Daud dari suku Yehuda.
0 Komentar untuk "Silsilah Yesus"

Back To Top