Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Metode dan Manfaat Menghafal Al Quran

“Sebenarnya (Al Quran) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu. Hanya orang-orang yang zalim yang mengingkari ayat-ayat kami.” (Al Ankabut:49)


"... Pekerjaan yang harus Anda lakukan hari ini, jangan Anda tunda ke esok hari. Usia itu sangat pendek. Tidak dapat diketahui kapan seseorang itu akan meninggal dunia. Karena itu, mulai saat ini segeralah mengambil keputusan untuk menghafal Al Quran. Jangan biarkan waktu dan usia Anda berlalu tanpa Anda gunakan membaca Al Quran dan mengamalkan ajaran Al Quran. Pada hari kiamat, Allah akan mempertanyakan waktu yang Anda gunakan. Ketika itu, Anda akan menyesali setiap waktu yang tidak Anda gunakan untuk mengingat Allah, atau tidak membaca kitab-Nya atau tidak melakukan sesuatu untuk agama Islam...."

"... Karena itu, ketika Anda mulai menghafal Al Quran, Anda merasa baru dilahirkan..."


Mantapkan Tujuan

Mengapa saya menghafal Al Quran? Pertanyaan ini wajib Anda tujukan kepada Anda sendiri sebelum Anda memulai menghafal Al Quran. Upayakan jawaban dari pertanyaan itu adalah “Saya menghafal Al Quran karena cinta kepada Allah, berharap akan ridha-Nya dan agar beruntung mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Jika itu tujuan Anda menghafal Al Quran, Anda telah menempuh separuh perjalanan menghafal Al Quran. Upayakan untuk duduk dan merenung tentang faedah dan manfaat menghafal Al quran dan bagaimana Al Quran dapat mengubah kehidupan Anda. Sebagaimana ia telah mengubah kehidupan orang-orang yang telah menghafalnya sebelum Anda.

Anda juga harus meyakini bahwa Allah akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk menghafal Al Quran. Allah SWT telah berjanji,

“Dan sungguh, telah kami mudahkan Al Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (Al Qamar: 17)


Optimalkan Waktu

Pekerjaan yang harus Anda lakukan hari ini, jangan Anda tunda ke esok hari. Usia itu sangat pendek. Tidak dapat diketahui kapan seseorang itu akan meninggal dunia. Karena itu, mulai saat ini segeralah mengambil keputusan untuk menghafal Al Quran. Jangan biarkan waktu dan usia Anda berlalu tanpa Anda gunakan membaca Al Quran dan mengamalkan ajaran Al Quran. Pada hari kiamat, Allah akan mempertanyakan waktu yang Anda gunakan. Ketika itu, Anda akan menyesali setiap waktu yang tidak Anda gunakan untuk mengingat Allah, atau tidak membaca kitab-Nya atau tidak melakukan sesuatu untuk agama Islam.


Lepaskan Rasa Takut dan Gangguan Kejiwaaan

Sebagian peneliti menegaskan, setiap ayat Al Quran memiliki kekuatan yang unik untuk menyembuhkan. Beberapa eksperimen membuktikan, orang yang hafal Al Quran lebih jarang tertimpa penyakit, terutama penyakit kejiawaan, daripada orang-orang yang tidak hafal Al Quran. Karena itu, ketika Anda mulai menghafal Al Quran, Anda merasa baru dilahirkan. Bersediakah Anda memulai proyek ini dapat mengubah kehidupan Anda?


Fase-fase Menghafal Al Quran dengan Mudah
1.        
Mulai menghafal dari surah yang Anda sukai dan Anda yakini mudah untuk Anda hafal
2.       Dengarkan surah yang Anda hafal sebanyak sepuluh atau dua puluh kali
3.       BUka AL Quran untuk melihat surah yang Anda hafal. Anda pasti merasa familiar dan lebih mudah menghafal surah itu karena surah itu sudah terekam di dalam sel-sel otak Anda setelah Anda sering mendengar surah itu
4.       Surah yang Anda hafalkan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok
5.       Mulai dengan membaca kelompok ayat pertama, diulang-ulang hingga hafal
6.       Kemudian baca berulang-ulang kelompok ayat kedua hingga hafal. Setelah itu gabungkan kelompok ayat pertama dan ayat kedua dalam bacaan Anda hingga benar-benar Anda hafal

Tundukkan Kesulitan
Kesulitan terbesar dalam menghafal Al Quran adalah karena Al Quran memiliki gaya bahasa unik yang berbeda sama sekali dengan gaya bahasa manusia. Karena itu, otak mendapatkan kesulitan untuk serasi dengan gaya bahasa yang baru itu. Namun demikian, begitu Anda mulai mendengarkan Al Quran dan merenungkan setiap ayat yang Anda dengarkan, disertai upaya memahami arti dan maksud ayat-ayat tersebut, kemudian Anda mendengarkannya berulang-ulang. Anda akan mendapatkan otak Anda berinteraksi dengan Al Quran dan Anda menjadi mudah untuk menghafal Al Quran.

Menghafal Secara Konsisten
Rasulullah saw bersabda, “Setiap perbuatan pasti disertai niat…” Sementara perbuatan yang paling disukai oleh Allah adalah perbuatan yang dilakukan secara konsisten atau kontinu meskipun hanya sedikit. Upayakan setiap hari Anda menghafal beberapa ayat Al Quran dan jangan sampai Anda tidak menghafal meskipun hanya satu hari karena alas an apapun. Niat Anda menghafal Al Quran harus semata-mata untuk mengharap ridha Allah, untuk mendekatkan diri dengan-Nya dan untuk mengenal Allah. Orang yang mengetahui siapa Allah yang sebenarnya, hendaknya membaca kitab AllahSWT, Al Quran.

Memprogram Otak untuk Menghafal Al Quran
Para ilmuwan menegaskan, setiap suara yang didengar seseorang secara berulang-ulang dapat mengubah system kerja sel-sel otak Anda agar sesuai dengan Al Quran bersama seluruh ajaran dan hukum-hukum yang dikandung Al Quran. Agar perubahan system kerja sel-sel otak menghasilkan perubahan yang positif, kita harus mendengarkan Al Quran dengan benar-benar khusyuk. Hal itu sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya:
“Dan apabila dibacakan Al Quran maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.” (Al Q’raf:204)

Mendengarkan Lantunan Al Quran Ketika Tidur
Para ilmuwan menegaskan, pada saat seseorang tidur, otak tetap energik: memperbaiki data-data yang dikumpulkan selama seharian, lalu menyusun dan memasang data-data itu di lokasi-lokasi tertentu. Karena itu, setiap kita mendengarkan lantunan AL Quran. Hal itu dapat membantu kita untuk memantapkan hafalan ayat-ayat Al Quran. Allah SWT berfirman,
“Dan diantara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebahagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (Ar Rum:23)

Puasa Permudah Menghafal Al Quran
Ketika Anda berpuasa, upayakan untuk menyibukkan waktu Anda menghafal surah AL Quran yang sebelumnya Anda dengarkan berulang-ulang. Puasa dapat meningkatkan kekuatan responsive Anda sehingga Anda dapat menghafal AL Quran dengan mudah. Hal itu karena kekuatan cukup pada diri Anda dapat menjamin keinginan yang cukup pada diri Anda. Hal ini menunjukkan bahwa bulan Ramadhan merupakan waktu yang paling tepat untuk memulai menghafal AL Quran.

Al Quran sebagai Obat Hati
Ternyata, Al Quran merupakan obat bagi penyakit fisik dan kejiawaan, terutama penyakit hati. Al Quran mengandung obat untuk setiap penyakit. Ketika Anda tertimpa rasa cemas dan gundah, Al Quran dapat menghilangkan kegundahan Anda. Ketika Anda tertimpa penyakit, Al Quran dapat menyembuhkan Anda. Atas izin Allah. Membaca surah al falaq, an anas, dan ayat kursi dapat melindungi Anda dari segala macam gangguan.
Jika membaca surah Al Fatihah dapat menyembuhkan orang yang sakit, dengan izin Allah, tentu orang yang hafal seluruh ayat Al Quran akan lebih luar biasa dalam menyembuhkan penyakit. Allah SWT berfirman,
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah . Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (Ar Rum:28)
Satu Huruf Al Quran Mengandung Sepuluh Pahala
Rasulullah SAW menegaskan, barangsiapa yang membaca satu huruf Al Quran ia mendapat ganjara satu pahala, dan satu pahala dilipatgandakan hingga sepuluh kali. Mari kita renungkan bersama, berapa pahala yang akan Anda dapatkan ketika Anda membaca AL Quran secara keseluruhan, atau sebnayak 30 juz, dan Anda akan membacanya berulang-ulang setiap bulan, misalnya.

Janin Terpengaruh oleh Bacaan AL Quran
Para ilmuwan menegaskan, janin dalam kandungan ibunya setelah 42 malam mulai berinteraksi dengan pengaruh-pengaruh eksternal, dan ia mulai terpengaruh oleh suara-suara yang ia dengar, sedang ia berada dalam perut ibunya. Oleh karena itu, seorang ibu harus mendengarkan ayat-ayat Al Quran kepada janin yang berada dalam kandungannya. Apalagi setelah melahirkan, sang ibu harus tetap mendengarkan ayat-ayat Al Quran kepada anaknya. Dengan begitu, sel-sel otak dan hati anak itu akan terpengaruh oleh ayat-ayat Al Quran, yang merupakan firman Allah. Jika Anda memperlakukan janin Anda untuk menghafal Al Quran sebelum ia dilahirkan di dunia.

Al Quran Sebagai Budi Pekerti
 Aisyah pernah ditanya tentang budi pekerti Rasulullah SAW. Aisyah menjelaskan. “Budi pekerti Rasulullah Saw adalah Al Quran”. Jika Anda menginginkan budi pekerti Anda sama dengan budi pekerti Rasulullah SAW, hafalkanlah Al Quran, lalu hayatilah ayat-ayat yang And abaca dan Anda dengarkan, sebagai bentuk aplikasi terhadap firman Allah SWT,
“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.” (Al A’raf:204)

Hafal Al Quran Sebagai Pelipur Lara
Ketika Anda menghafal AL Quran, lalu Anda membacanya dengan berulang-ulang, Anda pasti mendapatkan ayat-ayat tertentu yang sesuai untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu pula, seperti ayat-ayat untuk menyembuhkan lara, menghilangkan rasa sedih, mengobati guncangan batin, memudahkan rezeki, dan ayat-ayat untuk cepat hamil dan mudah dalam melahirkan. Jika Anda hafal Al Quran, Anda dapat membawa ayat-ayat itu di dalam dada Anda  dan Anda dapat membacanya setiap kali Anda membutuhkannya. Hafal Al Quran berarti Anda memiliki media-media penyembuhan. Banyak eksperiment membuktikan, orang yang hafal Al Quran tidak pernah menderita lara, gelisah dan sedih.

Mengulang Hafalan Al Quran
Jangan lupa untuk senantiasa mendengarkan surah tertentu atau beberapa halaman Al Quran, lalu mendengarkannya kembali berulang-ulang hingga Anda menghafalnya. Jika Anda sudah mengahfalnya, bacalah surah itu di dalam shalat. Pada malam hari, berwudhulah lalu laksanakan dua rakaat shalat tahajud. Dalam shalat itu bacalah ayat yang Anda hafalkan pada siang harinya. Anda akan merasakan nikmat yang luar biasa dan merasakan manisnya iman. Ulangi sekali lagi hafalan Anda sesaat sebelum tidur dan sesaat setelah bangun tidur. Cara seperti ini dapat melekatkan hafalan Anda di akan bagian dalam Anda sehingga tidak aka nada satu ayat pun yang Anda lupakan. Selain itu, sebelum Anda tidur, renungkanlah ayat-ayat yang And abaca. Hal itu dapat membuka hati dan akal Anda.

Hafal Al Quran Lahirkan Kebahagiaan
Menghafal Al Quran dapat membuat seseorang semakin sabar dan tangguh dalam menghadapi berbagai macam kesulitan hidup, juga akan memperoleh kebahagiaan yang tak terhingga. Ketika Anda hafal Al Quran, Anda dapat mengubah cara pandang Anda dalam segala hal yang berada di sekeliling Anda. Selain itu perilaku Anda akan sama dengan ajaran Al Quran yang Anda hafal. Hasil penelitian menunjukkan, orang-orang yang hafal Al Quran, lebih bahagia dan dijauhkan dari kesulitan daripada orang-orang yang tidak hafal Al Quran.

Membaca Al Quran dengan Tartil
Di antara factor-faktor yang dapat membantu Anda dalam membaca Al Quran dalam waktu yang cukup lama, tanpa dihantui rasa bosan adalah membaca Al Quran dengan suara yang bagus dan dengan tartil. Allah SWT berfirman,
“… dan bacalah Al Quran itu dengan tartil (perlahan-lahan).” (al Muzzamil:4)
Membaca Al Quran dengan menggunakan suara bagus dan agak nyaring dan dengan bacaan tartil, dapat membuat Anda merasakan manisnya bacaan dan hafalan Al Quran. Kuasailah ilmu tajwid dengan baik. Kosentrasilah terhadap setiap kalimat yang And abaca dan resapilah makna setiap ayat yang Anda baca.
   
Memahami Setiap Kata dalam Al Quran
Sering-seringlah untuk berada dalam satu majelis atau bertukar pikiran dengan orang-orang yang berilmu, orang-orang hafal Al Quran. Ketika Anda mendapatkan kata-kata atau kalimat yang sulit atau tidak Anda pahami, tanyakanlah tentang tafsir kata atau kalimat tersebut kepada orang-orang yang memahaminya. Upayakan untuk menguasaai banyak tentang hukum-hukum tajwid. Menguasai keahlian tersebut  sama dengan sudah menguasai 50% hafalan Al Quran. Bacalah semua artikel atau gagasan yang berkaitan dengan Al Quran.

Tanamkan Motivasi
Manfaatkan setiap kesempatan yang Anda lalui, apda siang atau malam hari. Berikan motivasi ke dalam otak Anda: menghafal Al Quran merupakan pekerjaan terpenting dalam hidupku. Hafal Al Quran dapat mengubah hidupku, aku dapat dekat dengan Allah, aku akan seperti Rasulullah yang Al Quran merupakan kehidupan beliau.

Al Quran Sebagai Teman Terbaik
Pilihlah mushaf Al Quran sebagai sahabat dalam sebagian besar waktu Anda dan konsistenlah dalam menghafal Al Quran. Dengan begitu, akan tumbuh hubungan khusus antara Anda dan Al Quran. Cara ini dapat membuat Anda mencintai AL Quran dan membuat Anda dapat menikmati hafalan Al Quran, di samping AL Quran menjadi penjaga hafalan Anda. Langkah ini dapat dimulai dengan mencari seorang teman yang dapat diajak mengahafal Al Quran bersama dengan Anda.

Renungkan Mukjizat Ilmiah Al Quran Kuatkan Hafalan
Al Quran banyak berbicara tentang mukjizat-mukjizat ilmiah yang berkaitan dengan semesta dan kedokteran. Banyak membaca tentang mukjizat tersebut semakin menambaha keinginan seornag mukmin untuk menghafal Al Quran, disamping membuat seseorang mukmin semakin bergantung dan cinta kepada kitab Tuhannya, Al Quran. Selain itu, mengetahui banyak tentang mukjizat ilmiah dalam Al Quran membantu seorang mukmin untuk senantiasa membaca, merenungkan dan menghafal Al Quran. Dan kita jangan lupa, merenung atau berfikir merupakan salah satu ibadah yang menempati posisi tertinggi ibadah.

Terlambat Lebih Baik daripada Tidak Sama Sekali
Misi terpenting yang dibawa Rasulullah SAW dalam Al Quran! Karena itu, pekerjaan hari ini, jangan Anda tunda hingga hari esok. Jika kemarin Anda belum berhasil menghafal Al Quran, sekarang juga ambillah keputusan untuk menghafal AL Quran dan bertawakallah kepada Allah SWT yang berfirman,
“…apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh Allah mencintai orang yang bertawakal.” (Ali Imran:159)



2 Komentar untuk "Metode dan Manfaat Menghafal Al Quran"

Bagus juga artikelnya, bila ada waktu silakan simak metoda saya dalam menghafal surat-surat al Qur'an di:

http://wirid-al-quran.blogspot.com/2014/03/refleksi-44-tahun-kehidupan.html

salaam

Boleh juga disimak manfaa- manfaat spiritual luar biasa yang saya dapat dari menghafal dan mengamalkan surat-surat Al-Qur'an di:

http://wirid-al-quran.blogspot.com/2015/01/rahasia-surat-al-kahfi-dan-derajat-ke_6.html

http://wirid-al-quran.blogspot.com/2014/08/keajaiban-surat-yaasiin-pengalaman.html

salaam

Back To Top