Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Hormat benderaaa... grak!!

Assalamu 'alaykum, sahabat semua!

Eit tunggu dulu, sebelum kita lihat bendera yang akan kita beri hormat, coba kita lihat bendera2 bangsa lain dahulu.

Misal Inggris dan penjelasannya, misal di wiki deh

Evolusi bendera Union Jack

Bendera Inggris (St. George's Cross - Salib Santo George) merupakan gambar salib merah berlatar belakang putih. Salib ini menjadi lambang Inggris selama Abad Pertengahan dan Perang Salib. Bendera ini menjadi bendera nasional Inggris pada abad ke-16

Bendera Inggris Salib St. George's


http://id.wikipedia.org/wi​ki/Bendera_Inggris

Takzim dan hormat bendera berarti sebenarnya pengagungan pada agama mereka. Perhatikan juga bendera2 lain yang mirip dengan bendera inggris (terdapat tanda salib) spt skotlandia, wales, dll.

Bendera Skotlandia (Salib Santo Andreas)

Bendera tidak resmi Irlandia {Salib Santo Patrick)


Lalu bendera amrik:



Bendera Amerika Serikat terdiri dari 13 garis horizontal berwarna merah (paling atas dan paling bawah) bertukar dengan putih yang melambangkan 13 koloni pertama ketika Amerika Serikat merdeka, terdiri dari persegi panjang berwarna biru dan terdiri dari 50 bintang melambangkan negara bagian di Amerika Serikat. Julukan bendera ini ialah The Stars and Stripes. Bendera ini diperkenalkan pada 4 Juli 1960 setelah Hawaii masuk menjadi negara bagian ke-50. Sejak merdeka Amerika Serikat telah mengganti desain benderanya sebanyak 26 kali.

http://id.wikipedia.org/wi​ki/Bendera_Amerika_Serikat


Berkaitan dengan mata uang 1 dollar, Jumlah huruf pada annuit coeptis adalah 13 sama dengan jumlah huruf pada E.Pluribus Unun. Bintang di atas burung berjumlah 13 dan membentuk lambang bintang Daud (the star of David). 13 daun,13 bulu pada sayap dan 13 panah , 13 garis bendera menjadi tameng burung. Angka 13 itu sendiri merupakan lambang kekuasaan empat penjuru dunia ( Utara-Timur-Selatan-Barat ). 13 = 1+3 = 4 penjuru . Burung helang yang ada di dalam lembaran wag ringgit Amerika itu Di atasnya ada bintang segi enam adalah lambang bagi Yahudi,Israel dan Zionis serta tanda bagi setiap yang berhubungan dengan warisan Ibrani atau kewujudan Nazi Yahudi. Para penganut Masuniyyah men- yebut bintang itu sebagai " Baju Besi Nabi Daud " ( Dira' Daud ). Menurut mereka, Nabi Sulaiman mewarisi baju besi itu. Dalam pand- gan orang-orang Yahudi, bintang itu mengisyaratkan 2 mata pada baha- gian dalam 2 segitiga. Dan sisi dari masing-masing mata segitiga adalah sama.Menurut dakwaan orang-orang Yahudi, Nabi Sulaiman telah men- unjukkan perhatian kepada segitiga itu, sebagaimana halnya jika segitiga itu adalah " Mata Allah ". Pada akhirnya nanti,mata dan segitiga tersebut menjadi " Lambang Allah " sendiri. Begitulah alasan dan dasar orang- orang Yahudi dan para penganut Masuniyyah mendewakan lambang itu.

Setengah pendapat : 13 adalah keturunan atau suku Yahudi, putera-putera Nabi Yaakub . Namun putera-putera Nabi Yaakub seramai 12. Mereka disebut juga Asbat,suku Nabi Ishaq dan Nabi Ibrahim. Asbat adalah cabang keturunan Bani Israel Yahudi sebagaimana halnya kabilah-kabilah Arab adalah keturunan Nabi Ismail . Firman Allah , surah al-A'raf :160 :

" Dan mereka Kami bagi menjadi 12 suku yang masing-masing berjumlah besar ..... "

Dari manakah satu lagi angka bagi melengkapi jumlah 13 itu ? Mereka yang ke 13 adalah Yahudi Khazar yang melarikan diri. Seorang penulis Yahudi, Arts Kistler ( mati 1983 ) , seorang sarjana yang tiada tandingannya di kalangan Yahudi mengatakan bahawa Yahudi Khazar inilah kabilah ke 13. Kistler dalam bukunya ' The Thirteenth Tribe ' : " Majorati kaum Yahudi sekarang ini bukan berasal dari 12 kabilah keturunan Nabi Yaakub sebagaimana kisah tentang mereka dalam Al-Quran dan Taurat. Bahkan mereka itu telah menyimpang dari kabilah Khazar, kabilah ke 13. Keturunan mereka ini bertebaran di seluruh negara Eropah Timur khususnya Poland,Hungary dan Russia. Ertinya mereka bukan berasal dari Palestine tetapi dari Kaukas dan Asia Tengah.

Pengakuan Prof. Abraham Bolyake, Yahudi keturunan Russia : " Yahudi yang ada sekarang ini datang dari Khazar, suku ke 13. Bahkan beliau dengan terang-terangnya menyerang pendapat yang mengatakan bahawa orang-orang Yahudi sekarang adalah perlarian dari kabilah yang konsisten pada Taurat ( Al-Qabilah At-Tauratiyyah ) .

Genggaman burung helang yang kuat di atas lembaran wag dolar Amerika merupakan lambang genggaman, cengkaman dan kekuasaan Dajjal yang dikutuk Allah. Angka ke 13 merupakan lambang yang sangat jelas bagi setiap orang yang mengerti bahwa itu adalah lambang asal usul Yahudi.

Bisa dikatakan bahwa ini penghormatan dan pengagungan bendera amrik artinya adalah pengagungan kepada agama.

Coba lihat juga negara2 lain yang mirip benderanya dengan amrik ini juga di http://id.wikipedia.org/wi​ki/Bendera_Amerika_Serikat



Bendera Israel



Bendera Israel diadopsi tanggal 28 Oktober 1948, lima bulan setelah pendirian negara Israel Modern. Bendera ini berlatar belakang putih dengan dua garis horisontal bewarna biru di tepi atas dan bawah. Di tengah-tengah bendera ini terdapat gambar Bintang Daud bewarna biru.
http://id.wikipedia.org/wiki/Bendera_Israel


Artikel ini membahas Bintang Daud sebagai lambang Yahudi dan Yudaisme. Untuk penggunaan lain dari lambang kuno ini, lihat artikel Hexagram.

Bintang Daud

Bintang Daud dalam salinan lengkap tertua yang masih ada dari teks Masoret,Codex Leningrad, dari tahun 1008.
Perisai Daud atau dalam bahasa Ibrani: Magen David, מָגֵן דָּוִד dengan nikkud atau tanpa nikkud דוד, diucapkan Magen David [ma.'gen da.'vid] dalam Ibrani modern dan Mogein Dovid ['mɔ.geɪn 'dɔ.vid] atau Mogen Dovid ['mɔ.gen 'dɔ.vid] dalam bahasa Ibrani Ashkenazi danYiddish adalah sebuah lambang yang umumnya dikenali dari Komunitas Yahudi dan Yudaisme. Nama ini diambil dari nama raja Israel kuno, dan mulai digunakan pada Abad Pertengahan, bersama-sama dengan lambang yang lebih tua lagi yaitu menorah.
Dengan terbentuknya negara Israel pada 1948 Bintang Daud pada Bendera Israel juga telah menjadi lambang Israel.


















Menurut sejumlah sumber Yudais, Bintang/Perisai Daud melambangkan angka tujuh: yaitu, keenam ujungnya ditambah dengan pusatnya. Teks Yahudi tertua yang masih ada yang menyebutkannya adalah Eshkol Ha-Kofer oleh seorang Karait bernama Judah Hadassi, dari abad ke-12M: "Tujuh nama malaikat mendahuli mezuzah: Mikail, Gabriel, dll. ... Kiranya Tetragrammaton melindungi engkau! Demikian pula dengan tanda ini, yang disebut 'Perisai Daud', diletakkan di samping nama masing-masing malaikat."

Menorah di Gapura Titus: perhatikan ketiga cabang di masing-masing sisi, ditambah dengan cabang yang di tengah, sehingga semuanya berjumlah tujuh

Angka tujuh mempunyai makna keagamaan dalam Yudaisme, mis. enam hari Penciptaan ditambah dengan istirahat pada hari ketujuh, enam hari kerja ditambah Sabat, Ketujuh Roh Allah, sertaMenorah di Bait Suci kuno, yang ketujuh lampu minyaknya diletakkan di atas ketujuh cabangnya. Dan seterusnya. Mungkin Bintang Daud akhirnya digunakan sebagai lambang standar di sinagoga karena susunannya memperlihatkan 3+3+1, sesuai dengan Menorah Bait Suci, yang merupakan lambang yang lebih tradisional untuk Yudaisme di zaman dulu.

Asal-usul yang pasti dari hubungan lambang ini dengan identitas Yahudi tidak diketahui. Beberapa teori dikemukakan. Menurut sebuah hipotesis, Bintang Daud membentuk dua dari tiga huruf dalam nama Daud. Dalam ejaan Ibrani (דוד), kata ini hanya mengandung tiga huruf, dua di antaranya adalah "D" (atau "Dalet", dalam bahasa Ibrani). Di zaman dulu, huruf ini ditulis dalam bentuk yang sangat mirip dengan segi tiga, serupa dengan huruf Yunani Delta (Δ), yang memiliki kemiripan bunyi dan posisi (keempat) dalam abjadnya masing-masing. Lambang ini mungkin mulanya merupakan sebuah perisai keluarga yang dibentuk dengan membalikkan dan menyandingkan dua huruf yang paling penting dalam nama ini.

Bagaimana jika menghormat bendera Israel yang merupakan salah satu simbol agama Yahudi ini, yakni Bintang David?



Bendera Islam

Sekarang coba perhatikan bendera Arab dan Afganisthan (yg dideklarasikan Mullah Omar pada 1997). Bendera2 tsb bertuliskan kalimah tauhid dan rasulullah. Memandang, menghormati, dan mengaungkan bendera tsb adalah karena kalimah tauhid dan rasulullah tsb, bukan? Terlepas dari bagaimana cara menghormatinya maka menghormati bendera ini juga berarti pengagungan pada Allah dan rasa kagum pada Rasulullah.


Bendera Afganistan ini dipakai oleh pemerintahan transisi Negara Islam Afganistan pada tahun 2002-2004 dan secara resmi digunakan sejak 4 Januari 2004.
Bendera ini terdiri dari tiga garis vertikal yang sama lebar. Garis kiri bewarna hitam, garis tengah bewarna merah, dan garis kanan bewarna hijau. Simbol di tengah merupakan simbol klasik yang menggambarkan sebuah masjid dengan mihrabnya menghadap Mekkah. Bendera ini hampir sama dengan bendera yang digunakan tahun 1930-1973 dengan sedikit perbedaan yaitu simbol yang bewarna emas. Simbol ini menunjukkan tahun 1298 Hijriah yang sama dengan tahun 1919 M, yaitu tahun kemerdekaan Afganistan dari Britania Raya. Sejak kemerdekaannya, Afganistan telah mengalami perubahan bendera setidaknya lima belas kali dan merupakan negara dengan bendera nasional terbanyak di dunia..

Bendera Arab Saudi

Bendera Arab Saudi memaparkan kalimat syahadatلا إله إلا الله محمد رسول الله (Tiada Tuhan melainkan Allah, dan Muhammad itu utusan Allah) ditulis dengan khat Tsulutsi.


Bendera Taliban

Bendera Taliban berlatar belakang warna putih dengan tulisan syahadat


Bendera bertuliskan kalimah tauhid dan Rasulullah ini juga yang akan dibawa oleh pasukan panji-panji hitam yang dipimpin oleh Imam Mahdi di akhir jaman.



Menghormati dan takzim pada bendera ini adalah karena lafaz Allah dan Rasulullah yang ada di bendera ini.


Bendera Indonesia



Sejarah

Warna merah-putih bendera negara diambil dari warna Kerajaan Majapahit. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII.[1]



Ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran.[2] Di zaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone.Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang.[3] Pada waktu perang Jawa (1825-1830 M) Pangeran Diponegoro memakai panji-panji berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda. Kemudian, warna-warna yang dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan kemudian nasionalis di awal abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme terhadap Belanda. Bendera merah putih digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan kolonialisme, bendera itu dilarang digunakan. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu pula. [4]




Arti Warna

Bendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti berani, putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia.

Ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci. Warna merah mirip dengan warna gula jawa/gula aren dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih).


Sejak dulu warna merah dan putih ini oleh orang Jawa digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang Jawa percaya bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika sang jabang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bendera_Indonesia


Nah, bagaimana dengan menghormati bendera anda di negara manapun anda berada? Sudahkah memeriksa kembali kesahihan hadits hubbul wathan minal iimaan? Atau ada dalil lain yang kuat selain itu yg bisa menolak semua dalil2 yang dikemukakan akhii Azzam di blognya http://nur-muslim.blogspot​.com/2011/07/kalau-tepuk-t​angan-dan-siulan-saja.html?

Namun, terlepas dari niat masing-masing individu dalam menghormat bendera, kaum Muslim bangsa Indonesia tetaplah yang paling dapat menghayati kemerdekaan Indonesia karena adanya ijin Allah melalui adanya Resolusi Jihad dan perjuangan para ulama-ulama dan pemimpin-pemimpin muslim juga rakyat yang sebagian besar muslim yang bergerak untuk melawan penjajahan kaum kafir di muka bumi Indonesia ini.

Mereka lah yang paling berhak untuk berbangga pada tegaknya bendera Indonesia di tanah persada ini demi mengharap ridha Allah Subhanallahu wa Ta'ala.
3 Komentar untuk "Hormat benderaaa... grak!!"

Hari ini kaum Muslimin berada dalam situasi di mana aturan-aturan kafir sedang diterapkan. Maka realitas tanah-tanah Muslim saat ini adalah sebagaimana Rasulullah Saw. di Makkah sebelum Negara Islam didirikan di Madinah. Oleh karena itu, dalam rangka bekerja untuk pendirian Negara Islam, kita perlu mengikuti contoh yang terbangun di dalam Sirah. Dalam memeriksa periode Mekkah, hingga pendirian Negara Islam di Madinah, kita melihat bahwa RasulAllah Saw. melalui beberapa tahap spesifik dan jelas dan mengerjakan beberapa aksi spesifik dalam tahap-tahap itu

Benar sekali pendapat Antum. Sekedar share, saya gunakan buku Al-Buthy dalam mempelajari sirah nabawiyah krn di sana ada fikihnya dan tidak sekadar histori dan biografi Nabi Muhammad saja.

Syukron

Alhamdulillah..bertambah ilmu dlm pengenalan sejarah

Back To Top