Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Solomon dan 700 Istri-istrinya
Apakah Tuhan mengutuk dia karena itu?

Oleh: Sami Zaatari

Setiap kali topik poligami dibesarkan, Muslim biasanya akan merujuk orang Kristen kembali ke Alkitab mereka sendiri, yang mana nabi dan hamba Tuhan yang menikah lebih dari satu istri, maka mengapa orang Kristen menyerang konsep poligami dalam Islam ketika itu jelas dilakukan dan dimaafkan dalam Alkitab?
 
Salah satu kasus yang paling umum kita umat Islam munculkan adalah poligami yang dipraktekkan oleh Salomo (Solomon atau Sulaiman), nabi Salomo dilaporkan memiliki 700 istri menurut Alkitab! Sekarang orang Kristen juga mengklaim: Oh, Salomo salah, dan bahwa Allah mengutuk Salomo karena melakukan poligami, namun apakah memang seperti itu juga realitasnya, bahwa apakah Tuhan benar-benar menghukum Salomo karena melakukan poligami? Jadi, mari kita cari tahu sendiri, kita baca ayat-ayat yang sama yang dibawa Kristen, ayat-ayat yang seharusnya menghukum Salomo karena melakukan poligami. 1 Raja-raja 11:1-8:




11:1. Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het,
11:2 padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan merekapun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.
11:3 Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.
11:4 Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.
11:5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
11:6 dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.
11:7 Pada waktu itu Salomo mendirikan bukit pengorbanan bagi Kamos, dewa kejijikan sembahan orang Moab, di gunung di sebelah timur Yerusalem dan bagi Molokh, dewa kejijikan sembahan bani Amon.
11:8 Demikian juga dilakukannya bagi semua isterinya, orang-orang asing itu, yang mempersembahkan korban ukupan dan korban sembelihan kepada allah-allah mereka.

Hmmm, tak ada di mana pun dalam bagian ini Tuhan menghukum Salomo karena praktek poligami, tapi Tuhan mengutuk Salomo karena menikahi PEREMPUAN ASING dan bukan perempuan Israel! Itulah sebabnya Tuhan marah pada Salomo, karena ia menikah dengan perempuan dari bangsa-bangsa kafir, bukan karena ia menikah dengan 700 wanita! Ayat-ayat ini adalah kenyataan yang MEMBUKTIKAN bahwa poligami diperbolehkan, dan yang tidak diizinkan adalah menikah dengan wanita asing. Jadi orang Kristen salah jika mengklaim ayat-ayat ini mengutuk poligami, padahal tidak seperti itu sama sekali.

 And Allah Knows Best!

www.muslim-responses.com



Teks asli:



Solomon and his 700 Wives
Did God condemn him for it?
Sami Zaatari

Whenever the topic of polygamy is brought up Muslims will usually refer the Christians back to their own Bible, where prophets and men of God were marrying more than one wife, hence why are Christians attacking the concept of polygamy in Islam when it is clearly being done and condoned in the Bible?
One of the most common cases we the Muslims bring up is the polygamy practiced by Solomon, prophet Solomon is reported to have 700 wives according to the Bible! Now Christians claim oh well Solomon was wrong, and that God condemned Solomon for practicing polygamy, however so is that a reality, did God really condemn Solomon for practicing polygamy? Well, let us find out for ourselves, let us read the very same passages that Christians bring up, the passages that supposedly condemn Solomon for practicing polygamy. The passages come from 1 Kings 11:1-8:
1Now(A) King Solomon loved many foreign women, along with the daughter of Pharaoh: Moabite, Ammonite, Edomite, Sidonian, and Hittite women, 2from the nations concerning which the LORD had said to the people of Israel,(B) "You shall not enter into marriage with them, neither shall they with you, for surely they will turn away your heart after their gods." Solomon clung to these in love. 3He had 700 wives, princesses, and 300 concubines. And his wives turned away his heart. 4For when Solomon was old his wives turned away his heart after other gods, and(C) his heart was not wholly true to the LORD his God,(D) as was the heart of David his father. 5For Solomon went after(E) Ashtoreth the goddess of the Sidonians, and after(F) Milcom the abomination of the Ammonites. 6So Solomon did what was evil in the sight of the LORD and did not wholly follow the LORD, as David his father had done. 7Then Solomon built a high place for(G) Chemosh the abomination of Moab, and for(H) Molech the abomination of the Ammonites, on the mountain east of Jerusalem. 8And so he did for all his foreign wives, who made offerings and sacrificed to their gods.
Hmmm, no where in these passages does condemn Solomon for practicing polygamy, rather God condemns Solomon for marrying FOREIGN WOMEN instead of Israelite women! That is why God got mad at Solomon, because he married women from pagan nations, not because he married 700 women! These verses in point of fact PROVE that polygamy is allowed, however so what is not allowed is to marry the foreign women. So Christians are simply wrong in claiming these passages condemn polygamy, they do no such thing at all.
And Allah Knows Best!
7 Komentar untuk "Solomon dan 700 Istri-istrinya
Apakah Tuhan mengutuk dia karena itu?"

Memang poligami (pria beristri lebih dari satu), absolutely bukan produk Islam, artinya jauh sebelum Islam datang, banyak pria beristri lebih dari satu, kaum nasrani tahu betul itu, cuma masalah sentimen terhadap Islam saja, maka mereka menganggap bahwa Islam yang membawa ajaran itu, tanpa mereka belajar sejarah dunia, sejarah bangsa-bangsa maupun sejarah agama-agama.

Pada dasarnya belajar agama tidak terlepas dari belajar sejarah, termasuk belajar adat istiadat bangsa-bangsa yang terlibat didalam risalah agama-agama dunia.

Konon di kitab Injil/Bible, disebutkan ada beberapa cuplikan adat istiadat bangsa Yahudi, seperti seorang wanita membasuh kaki seorang pria, dimana sebetulnya menurut istiadat yahudi, itu menunjukan prosesi pernikahan di bangsa yahudi.

Please check di Injil/Bible, kalau benar ada cuplikan tersebut diatas yang merupakan adat istiadat pernikahan di bangsa Yahudi, maka ada beberapa fakta di Injil yang tidak di ungkap oleh gereja-gereja di seluruh dunia ini

saya yakin menikah lebih mulya daripada sex bebas / selingkuh

Salah besar yang mimin katakan. Masalah salomo dihukum karena wanita asing, benar. Tapi dengan poligami? Hanya tuhan yang tau. Walaupun tidak ditulis bahwa salomo dihukum karena poligami, tapi tuhan juga belum tentu membenarkan tindakan hal itu, apalagi didasari oleh nafsu. Karena juga dijelaskan dalam alkitab juga bahwa seorang pria yang dalam hatinya saja sudah menginginkan wanita, maka itu sudah dianggap berzinah dan dosa. Itu yang tuhan larang. Jadi salomo juga sudah melanggar larangan Tuhan. Yang berarti dia saja sudah berdosa karena ingin poligami sebelum melakukannya. Dan tentang orang dahulu yang melakukan poligami yang saya tahu hanya abraham saja yang dibolehkan oleh tuhan untuk berpoligami karena faktor keturunan. Tentang orang yang berpoligami itu bukan produk orang2 kristen terdahulu. Itu adalah kebiasaan orang sebelum jaman yesus kristus dimana tidak ada sama sekali pengikut kristus. Tapi tuhan yesus kristus sudah melarang keras untuk melakukannya.

Jadi kembali lagi agamamu, agamamu. Agamaku, agamaku. Tak usah kepo dan sok tau dengan agama lain, urusin saja agamamu supaya pikiran, perbuatan, tindakan, perilaku, akhlak, sikap di dunia bisa pantas untuk menghadap tuhan nanti. Kalo mau membuktikan agama islam yang paling benar dan hebat tak usah memakai agama lain untuk dicari kesalahannya. Itu artinya anda sendiri ragu dengan agama anda karena anda selalu membanding2kan dengan agama lain. Jangan sampai postingan blog anda bisa membuat indonesia terpecah dengan membuat orang islam punya sentimen negatif ke orang kristen bahwa menurut mereka kristen itu salah. Please jadilah seorang blogger yang bijaksana. Yang ingin membuat agama islam kelihatan agama islam indah dan damai tapi jangan2 dalam penyampaiannya yang salah

Wow, sangat mencerahkan,makasih ilmunya semoga selalu di berkahi. Amiin.

Back To Top